Pandemi corona menjadi momok bagi manusia, tapi lain halnya dengan alam. Semenjak ada COVID-19, hutan di Belgia ini malah jadi lebih indah.

Adalah Hutan Hallerbos yang berjarak sekitar 15 Km di sisi selatan Brussels. Sejak muncul virus corona, salah satu objek wisata populer di Belgia ini juga ikut ditutup sementara bagi turis untuk menahan penyebaran virus tersebut.

Untuk informasi, Hutan Hallerbos cukup populer di kalangan turis karena keindahan bunga bluebells yang berwarna ungu. Ketika waktunya mekar, bunga itu kerap memenuhi seisi hutan dan mempertunjukkan panorama indah layaknya di negeri dongeng.

Walau penutupan sementara hutan itu tak baik bagi perekonomian, tapi Wali Kota Halle, Marc Snoeck, menyebut dampak baik lain dari penutupan tersebut.

Siapa sangka, kalau kabar buruk bagi wisatawan malah menjadi kabar baik bagi hutan tersebut. Biasanya, tak sedikit turis yang kerap menginjak bunga bluebells di hutan tersebut saat musim liburan.

Namun, hadirnya COVID-19 malah mengusir turis dan membuat hutan itu tetap lestari. Tak ada lagi bunga bluebells yang rusak karena ulah turis yang tak bertanggung jawab.

Hanya saja, Snoeck juga menyebutkan kedukaannya akibat pembatalan sejumlah festival yang biasa mereka adakan setiap tahun akibat corona. Kerugian pun akan berdampak pada sejumlah bar dan restoran di sana, seperti diungkapkan pemilik usaha cokelat Marleen Van Volsem.

Hal ini tentunya jadi pembelajaran bagi kita. Di mana wisatawan ibaratnya pedang bermata dunia, yang kerap merusak alam hingga memberi pemasukan bagi masyarakat di sekitar destinasi wisata. Namun, alangkah baiknya kalau kita bisa bermanfaat bagi masyarakat di sekitar destinasi wisata sambil tetap menghargai alam.

source by : https://travel.detik.com/travel-news/d-4989413/covid-19-malah-bikin-hutan-ini-makin-cantik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *